Selamat Datang Di Website Resmi Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang  Sarana informasi Tentang Kami Untuk Anda!   Berikan Kritik dan Saran Kepada Kami agar Website kami lebih baik lagi!   Selamat Datang Calon Peserta Didik Baru MAN 2 Palembang Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Pendidikan
Karakteristik Al Quran Jadi Materi Peringatan Nuzul Quran di MAN 2 Palembang

Karakteristik Al Quran Jadi Materi Peringatan Nuzul Quran di MAN 2 Palembang

Humas, Mandupa.

Dalam rangka memperingati Nuzul Quran 1443 H, MAN 2 Palembang menggelar kegiatan peringatan Nuzul Quran di Mushalla Darul Ulum MAN 2 Palembang. Materi yang disampaikan dalam kegiatan tausiyah peringatan Nuzul Quran 1443 H yakni Karekteristik Al Quran yang disampaikan oleh Ustadz H. Bitoh Purnomo LC.Ma. Peringatan Nuzul Quran tersebut dihadiri oleh Kepala MAN 2 Palembang Hj. Rusmala Dewi beserta jajarannya dan diikuti juga oleh beberapa orang perwakilan siswa MAN 2 Palembang. Tema dari peringatan Nuzul Quran 1443 H kali ini adalah “Cintailah Al Quran dengan Cara Membaca, Mengajar, dan Mengamalkannya”.

Dalam sambutannya Hj. Rusmala Dewi mengatakan peringatan Nuzul Quran tersebut merupakan suatu momen yang sangat dinantikan oleh kaum muslimin saat bulan suci Ramadhan. Untuk itu jadikanlah momen peringatan Nuzul Quran ini sebagai acuan kita untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“seperti yang terdapat di dalam surah Al Baqarah ayat 185 yakni bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran, sebagai petunjuk bagi umat manusia dan penjelasan-penjelasa mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil), karena itu, barangsiapa diantara kamu ada di bulan itu maka berpuasalah,”ujarnya.

Selanjutnya, usai memberikan kata sambutan kemudian dilanjutkan dengan tausiyah yang diberikan oleh ust. Bitoh mengenai karakteristik Al Quran bahwasannya ada beberapa karekteristik Al quran yang jika disampaikan semoga dapat menjadi ilmu bagi semua.

“Al Quran dapat menjadi penolong kita sebagai umat muslim ketika di akhirat nanti dan Al Quran juga dapat menjadi obat di hati kita, jika AL Quran ada di hati kita Insyaa Allah hati ini akan menjadi hati yang baik,”ujarnya.

“jika membahas tentang turunnya Al Quran mungkin siswa sudah banyak yang mengetahuinya, maka dari itu saya akan menjelaskan tentang karakteristik Al Quran yakni yang pertama Al Quran adalah firman Allah yang tidak membosankan, kedua Al Quran itu obat, dan yang ketiga Al Quran adalah tanda bukti kebenaran agama yang kita yakini,”tambahnya.

Sebagai penutup tausiyahnya Ust. Bitoh berpesan kepada seluruh siswa agar teruslah rajin belajar dan membaca Al Quran semoga itu dapat menjadi barokah untuk kita semua. (am)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.